Bukit Penyesalan Rinjani, Kok Bisa? Simak Ceritanya : Perjalanan Lelah Mendaki Rinjani

RAGAM LOMBOK – Bukit Penyesalan,  gak akan ada yang bikin kita ngerasa lebih hidup daripada keberhasilan dari penaklukan tersebut. Coba aja menaklukan gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia, Rinjani. kita tinggal menyisakan 3 hari untuk bisa sampai ke puncak Rinjani dan menyatakan diri kita sebagai seorang pendaki dari 7 summit gunung Indonesia! Seru kan? Dari bandara Kitambok, kita tinggal naik mobil selama 4 jam ke basecamp Sembalun dan beristirahat disitu sebelum memulai pendakian di pagi hari.

RAGAM LOMBOK
Corak Perjalanan Bukit Penyesalan Rinjani
Menaklukkan Rinjani
Pendakian bisa kita mulai dari Sembalun ketika matahari terbit. Dengan ritme yang cepat, kita bisa sampai di Pos 3 sebelum jam makan siang. Walaupun cepat, jangan lupa buat menikmati pemandangan dulu, Bro! Sesekali lihat ke belakang dan nikmatin pemandangan yang keren banget.
Dari Pos 3, kita akan menemukan 7 Bukit Penyesalan. Di bukit-bukit inilah kita akan mulai mempertanyakan keputusan kita sendiri akan menaiki gunung Rinjani. Disinilah komitmen kita akan diuji dan semangat akan dites. Untungnya, sesama pendaki lainnya pasti akan ngasi kita semangat dan dukungan buat naik terus ke Plawangan.

Menaklukkan Rinjani
Sebenarnya, perjalanan melewati Bukit Penyesalan dari pos 3 ke Plawangan itu hanya menghabiskan 4 jam saja! Tapi di dalam 4 jam ini, kita akan terus mendaki bukit yang curam dengan sedikit tanah rata untuk beristirahat. Di bukit terakhir, kita akan berhadapan dengan pasir dan batu kerikil yang akan menyeret kita kebawah di setiap langkah yang kita ambil.
Nyampe di Plawangan, kita bisa mengisi ulang setiap botol air yang kita punya di mata air terdekat. Berjarak hanya 30 menit dari Plawangan, 2 mata air yang terdekat juga bisa dijadikan tempat untuk cuci-cuci peralatan makan.

RAGAM LOMBOK

Selain mata airnya, Pelawangan juga merupakan tempat yang keren banget buat berkemah di malam hari! Tapi jangan keasikan ngeliatin pemandangan malam hari karena summit attack harus dimulai sebelum jam 2 subuh supaya kamu bisa sampai di puncak Rinjani ketika matahari terbit.

Menaklukkan Rinjani
Dari awal, summit attack sudah menunjukan tantangannya dengan berbagai tanjakan maut berkerikil dan berpasir. Dua langkah naik, maka kita akan terseret kebawah 3 langkah! Disini kekuatan kaki dan kesabaran benar-benar akan diuji. Di tengah dinginnya malam dan letihnya kaki kita, pemandangan yang ada dari puncak akan sangat menghibur dan menyemangati badan kita yang letih.
RAGAM LOMBOK

Setelah 4-5 jam summit attack, kita akan sampai juga di puncak Rinjani, 3726 MDPL. Perasaannya ga bisa digambarkan, Tapi yang pasti, mau perasaan lagi campur aduk pun jangan lupa untuk mengabadikan momen berharga ini buat ditunjukin ke orang tua dirumah. Gak sedikit juga yang nulis pesan-pesan berharga buat difoto dan dikasih ke orang tercinta. Selain itu, jangan lupa juga buat menjauh dari kerumunan dan mencari spot-spot selvie keren lainnya di puncak Rinjani.

Menaklukkan Rinjani

Nah kalau kita sudah berhasil menaklukan puncak Rinjani, jangan lupa buat mampir ke Danau Segara Anak di perjalanan pulang. Disitu kita bisa mancing, nyantai dan berkemah semalam lagi sebelum akhirnya berpisah dengan hutan pegunungan Rinjani. Yang pastinya, jangan lupa buat bawa pulang semua sampah yang kita keluarkan di Rinjani ya.
Previous
Next Post »