Ragam Lombok, "Kecimol", Adat Nyongkolan Sasak Lombok

RAGAM LOMBOK - Budaya dan adat istiadat Suku Sasak Lombok seakan tidak pernah habis untuk ditelusuri, salah satu kegiatan adat yang belum diketahui masyarakat pada umumnya adalah aktifitas "Kecimol".

RAGAM LOMBOK
Salah satu Kegiatan Kecimol
Apakah Kecimol itu?? Kecimol merupakan grup musik yang beranggotakan lebih dari 20 orang yang masing-masing memainkan alat musik masing-masing, mulai dari gitar melodi, gitar pengiring, piano, suling, gendang, pengeras suara (Sound) drum dan lain-lain.

Dalam kegiatan kecimol ini, sound sistem yang digunakan bisa mencapai 4 sampai 6 buah sound sehingga untuk menggerakkannya dibutuhkan sebuah gerobak yang bisa di tarik oleh 1 sampai 2 orang manusia dewasa. Kecimol biasanya digunakan untuk mengiring pengantin untuk berkunjung (bejango, sasak red) ke rumah mempelai perempuan yang berjalan beriringan bersama pemuda-pemuda yang dirias mengiring pengantin.

Kecimol kurang lebih berfungsi sama dengan "Gendang Bleq" yaitu sama-sama digunakan untuk mengiring atau menyambut pengantin. Kecimol baru-baru tercipta di pulau Lombok, pembentukannya memang sangat jauh dari pada "Gendang Bleq", walaupun demikian grup musik ini boleh dikatak sangat mendominasi "Gendang Bleq", karen saat ini kecimol sangat laku di masyarakat Lombok.

Saat anda melintasi dari ujung Lombok Timur sampai Lombok Barat di Mataram dan umumnya pulau Lombok, maka anda akan menyaksikan jalanan yang macet saat hari minggu biasanya karena selalu terhalang dengan budaya kecimol saat nyongkolan masyarakat Sasak Lombok. Maka dari itu bagi anda yang ngekos ataupun berkunjung ke Lombok berusahalah menghindari sore saat hari minggu sebab dapat dipastikan ada saja orang nyongkolan yang mengganggu perjalan anda.

Budaya Kecimol bagi masyarakat suku Sasak Lombok sudah menjadi tradisi hingga saat ini, grup musik ini terus bertahan dan selalu menjamur di hampir tiap kecamatan di pulau Lombok. Adapaun penyewaan grup kecimol ini bisa mencapai jutaan rupiah tergantung terkenalnya grup musik kecimol.

Ada beberapa daerah di Lombok Timur yang sangat terkenal dengan kecimolnya yaitu di Kecamatan Masbagik, Kecamatan sakra dan di kecamatan-kecamatan lainnya di pulau Lombok.

Selamat datang di Lombok bersama pesona budaya sasak.


Previous
Next Post »

1 komentar:

Write komentar
baka riden
AUTHOR
5 Oktober 2021 pukul 06.42 delete

Sungguh luar biasa musiknya kecimol, saya pasti ke lombok untuk mentaksikan sendiri satu hari nanti

Reply
avatar