Wisata Lombok, Bukit Indah di Atas Awan : Lereng Ceria Bukit Nanggi

RAGAM LOMBOK -  Sahabat wisata, saya akan menceritakan salah satu destinasi wisata Lombok yang belakangan ini mulai banyak peminatnya yaitu Bukit Nanggi. Entah kenapa selelah apapun, sepegal apapun kaki saat diajak menanjak, mendaki tetap menjadi salah satu kegiatan favorit para penikmat alam. Begitupun dengan saya, saat diberitahu untuk pertama kalinya bahwa di Desa Sembalun ada bukit baru yang viewnya tidak kalah keren dengan Bukit Pergasingan, dan bukit Dandaun Sembalun Lawang.

RAGAM LOMBOK
Pagi Ceria di Lereng Nanggi Sembalun Lombok Timur
Bukit Nanggi terletak Di Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur, kita harus menempuh perjalanan selama 1 jam terlebih dahulu menggunakan kendaraan bermotor dari Kota Selong Lombok Timur, atau 3-4 jam dari Kota Mataram. Setibanya di Desa Sembalun Bumbung, perjalanan softtrekking pun dimulai. Hutan bambu yang lumayan lebat akan menyambut langkah pertamamu mendaki Bukit Nanggi. 

Bagi kita yang baru pertama kali mendaki Bukit ini, disarankan untuk menggunakan jasa guide dengan tarif Rp 150.000/hari. Dan jika kita tidak kuat membawa beban, kita bisa memanfaatkan jasa porter dengan harga Rp 125 ribu/hari/orang. Gak cuma ngangkatin barang aja loh,porter-porter ini akan menyajikan hidangan lezat selama kita melakukan pendakian.Tidak seperti Bukit Pergasingan, karakteristik pendakian di Bukit Nanggi ini lebih panjang, namun tumbuhan dan pohon-pohon yang lumayan lebat akan menemanimu berjalan hingga ketinggian 1800 mdpl sehingga meskipun panas terik matahari, bayangan pohon akan memberi perlindungan buat kita. Bukan itu aja, lebih banyak tempat sejuk untuk beristirahat.

Untuk mendaki Bukit Nanggi, kita harus mempersiapkan diri kita untuk kegiatan camping selama minimal satu malam. Perlengkapan camping dan trekking yang memadai harus kita bawa dan jangan disepelekan. Hawa dingin diatas bukitpun harus kita tanggulangi dengan membawa jaket tebal ataupun sleeping bag jika kita ingin tidur malam kita tidak menggigil. Belum lagi sumber mata air baru akan temui saat berada di basecamp pertama di ketinggian 1900 mdpl, itupun harus jalan kaki lagi sekitar 20 menit. Maka kebutuhan guide menjadi wajib buat kita yang baru pertama kali ke sini.


Bukit Nanggi ini memiliki ketinggian 2300 mdpl dan untuk sampai ke puncaknya, diperlukan waktu antara 4-5 jam. Pada dua ratus meter terakhir saat di punggungan kita akan menempuh jalur dengan kemiringan hampir 80 derajat dengan jalan setapak yang tidak terlalu lebar. Berpeganganlah pada rumput dan berjalan dengan hati-hati. Butuh perjuangan memang, tapi tenang saja, yang namanya mendaki itu meskipun capek semua akan terbayar lunas saat kita sudah sampai di puncaknya. Nikmati sunset. 

Jika kita ngecamp, bangun pagilah dan nikmati sunrise. Menghadaplah ke barat dan kita akan melihat lautan luas dengan gili-gili kecil yang mengelilingi Pulau Lombok. Menghadaplah ke timur maka Puncak Gunung Rinjani akan terlihat dengan perkasanya.
Previous
Next Post »