Wisata Lombok, Air Terjun Andalan Lombok : Air Terjun Sendang Gile dan Air Terjun Tiu Kelep Lombok Utara

RAGAM LOMBOK – Salah satu destinasi wisata andalan pulau Lombok yaitu air terjun Sendang Gile, Sendang Gile  merupakan tujuan pertama karena berada di lokasi yang lebih rendah sekitar 600 meter di atas permukaan laut, Anda akan melalui jalan setapak dan beberapa anak tangga yang membutuhkan waktu sekitar 20 menit untuk dapat sampai.
 
RAGAM LOMBOK
Air Terjun Nendang Gile, Lombok Utara


Aliran air Sendang Gile diyakini berasal dari Danau Segara Anak Gunung Rinjani, airnya jatuh dari tebing yang bertingkat di penuhi oleh tumbuhan hijau yang menempel pada sisi tebing dengan ketinggian sekitar 30 meter.
Untuk merasakan sensasinya Anda bisa mencoba mandi di bawah terpaan airnya yang cukup keras, airnya cukup dingin dan sejuk, bagi para pengunjung yang tidak tahan di bawah terpaan mereka lebih memilih untuk berendam di sungai dari aliran air terjun.

Tempat ini cukup rame di kunjungi oleh masyarakat sekitar Lombok di hari libur, selain sebagai objek wisata Lombok mereka juga meyakini airnya yang dingin dan menyejukan dapat sebagai terapi menyembuhkan sakit pinggang.

Air Terjun Tiu Kelep

RAGAM LOMBOK

Perjalanan Anda tidak akan sempurna tanpa mengunjungi air terjun ke 2 yang berlokasi lebih tinggi, dari air terjun pertama. Anda akan melewati kawasan hutan hujan dengan pohon-pohon besar di sekeling Anda. Di sinilah Anda benar-benar membutuhkan pemandu agar tidak tersesat, karena setiap pengunjung yang datang ke Tiu Kelep menggunkan jasa pemandu lokal.

Dalam perjalanan Anda akan menaiki tangga dan melewati jembatan beton yang cukup tinggi dan sebenarnya jembatan ini merupakan kanal air, namun di atasnya di tutupi besi dan beton agar dapat di lewati.

Anda mesti sangat berhati-hati melewati jembatan ini karena pagarannya hanya berada di satu sisi dan juga di penuhi lumut licin.
Setelah melewati jembatan Anda akan memasuki kawasan hutan yang di huni beragam satwa, perjalan terus berlanjut melewati beberapa sungai kecil.

Salah satu aturan yang di sarankan ketika Anda melewati sungai sampai ke air terjun Tiu Kelep, jangan pernah menginjakan kaki Anda pada batu besar karena sangat licin, usahakan kaki Anda agar tetap menginjak batu kecil agar tidak tergelincir.

Udara yang sangat sejuk, pemandangan hutan yang luar biasa, aliran sungai dengan airnya yang dingin menjadikan sensasi perjalanan Anda ke air terjun ke 2 ini cukup menajubkan dan menantang.

Sekitar 20 meter sebelum sampai Anda dapat merasakan percikan air yang berterbangan dan suara gemuruh air yang jatuh dari ketinggian. Tidak heran air terjun ini di namakan Tiu Kelep dalam bahasa Sasak yang berarti “terbang renang”.

RAGAM LOMBOK


Tinggi air terjun Tiu Kelep sekitar 45 meter dari tebing yang terbentuk setengah lingkaran di penuhi oleh bebatuan besar di pinggirnya dan juga tumbuhan air yang menempel pada sisi tebing.

Anda mesti berhati-hati ketika mendekati air terjun karena bebatuan yang anda injak sangat licin dan juga karena tebingnya yang setengah lingkaran membuat dorongan angin cukup kencang.
Airnya disisi kolamnya berwana biru muda dan sangat dingin, bahkan orang asing yang berasal dari negri dingin pun tidak tahan mandi terlalu lama.

Jangan pernah mandi terlalu tengah atau berpikir untuk sangat dekat dengan terpaan airnya karena volume airnya yang cukup besar dapat menyeret Anda ke dasar kolam. Setelah puas mandi, di saat perjalan pulang pemandu akan mengajak Anda melewati trek menantang setelah melewati jembatan Anda akan di ajak melewati gua yang juga di aliri air yang berasal dari air terjun.

Kedalaman gua ini sekitar 100 meter dengan ketinggian air samapi lutut orang dewasa dan siap-siap menyalakan senter, disini juga Anda dapat melihat kawanan kelalawar yang tidur bergelantungan dan begitu keluar Anda akan berada dekat dengan air terjun pertama.
Tips Wisata Ke Ari Terjun Tiu Kelep Dan Sendang Gile
Gunakanlah alas kaki anti air seperti sandal jepit atau sepatu anti air dan siapkan juga baju ganti sebelum Anda berangkat.

Jangan pernah menginjakan kaki Anda pada batu besar begitu Anda memasuki kawasan hutan hujan, karena sangat licin bisa membuat Anda terpleset. Sesampainya Anda di air terjun Tiu Kelep ada baiknya menutupi tas bawaan Anda dengan plastik, agar tidak basah dan berhati-hatilah dengan HP dan kamera Anda karena lensa Anda bisa tertupi dengan dengan percikan air dan membuat hasil jepretan tidak maksimal. Sebelum Anda mandi, perhatikan apakah Anda mengenakan perhiasan. Jika iya, baiknya Anda melepasnya. Karena tempat ini merupakan kawasan hutan lindung, perhatikan sampah Anda, ketika Anda dalam perjalanan sampah dari permen atau makanan ringan dapat Anda kantongi dan membuangnya di bak samapah yang telah disediakan di setiap poin air terjun.
Previous
Next Post »