Rumah Adat Sembalun, Mengenal Lebih Dekat Kearifan Lombok

RAGAM LOMBOK - Sembalun sebagai sebuah destinasi wisata Lombok memiliki berbagai macam keunikan dan keindahan yang pantas untuk di lestarikan, kali ini saya akan berbagi pengalaman kepada teman-teman semua mengenai Desa Sembalun.

RAGAM LOMBOK

Pada akhir tahun 2017 kemarin saya berkunjung ke "Rumah Adat Sembalun" atau Bale Bleq sasak red. Seperti kebanyakan rumah-rumah suku sasak pada umumnya kurang lebih sama persis dengan rumah adat Sembalun, yang di dindingi oleh pagar dari bambu dan di atapi daun ilalang kering.

Rumah Adat Sembalun terletak di desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Untuk sampai ke destinasi ini anda bisa sampai ke tempat ini dengan mengunakan mobil dan sepeda motor mengingat saat ini jalan dan infrastruktur sudah sangat memadai. Bagi anda yang tiba dari kota Mataram bisa menempuh 3-5 jam perjalanan darat.

Cerita Rumah adat ini selalu menarik untuk di telusuri, bagaimana tidak saat kami di sini sudah banyak para peneliti masuk dan mencari sumber rumah adat ini. Pada dasarnya gambaran rumah adat Sembalun ini didirikan dengan jumlah bangunan mencapai 7 buah. yang pertama di bangunan depan berdiri 4 buah dan di belakang berdiri 3 buah. Hal ini dimaksudkan untuk mengingat bahwa bumi dan langit berjumlah tujuh lapis.

Di bangunan pertama digunakan untuk menyambut tamu dan memberikan tamu penginapan bagi yang menginap, inilah salah satu filosofi kenapa di bangun berjumlah 7 buah.

Di sekitar bangunan ini anda akan menemukan berbagaimacam bangunan-bangunan lainya misalnya cerita Makam Raja Majapahit yang untuk mencapai kesana harus menaiki tangga yang kurang lebih sebanyak 200an buah anak tangga. di samping rumah adat juga anda akan menemui gunung selong dan gunung-gunung kecil lainnya yang tentunya  menjadi daya tarik karena selain memilki keindahan alam juga merupaksalah satu favorit selvie terbaik.
Previous
Next Post »